Sahabat?

Gue baru aja ngadain survey kecil2an gitu buat topik gue di blog hari ini. Gue ngambil topik "Sahabat"
Udah berkali2 gue ngangkat topik ini di blog gue. Tapi yaa ga ada salahnya kan dibahas lagi.

Seperti yg udah gue blg, gue baru aja ngadain survey kecil2an gitu, via broadcast mssg di bbm.
Gue ngasih 5 pertanyaan yg 3 pertanyaan kayak pilihan gt. Pertanyaannya:
1. Friendship or Relationship?
2. True Friend or True Love?
3. Jenguk pacar apa sahabat duluan?

Kita bahas dulu sedikit.. Rata2 orang2 yg gue tanya jawabnya selalu mendahulukan teman.
Cuma ada juga yg menjawab both, depends on the condition, balance dan lain lain.
Tapi yg realitasnya yg ada saat ini, hal tersebut ga akan pernah bisa balance. Salah satu pasti akan lebih dipentingkan dari yg lainnya.
Sadarkah kalian?
Itu pendapat saya.

Nah pertanyaan part 2 nya cuma ada 2. Intinya sih sahabat itu apa dan sahabat yg baik kayak gimana. Ya standardlaah.
entah kalian juga berpendapat seperti mayoritas jawaban dri survey saya atau tidak, jawaban yg paliiiing sering gue liat adalah "sahabat selalu ada" "sahabat itu orang yg ngerti kita"
Coba sekarang dibahas deh, dijabarkan kata2 "selalu ada" entah kenapa gue kurang setuju sama kata2 itu. Soalnya gini, sahabat itu sebenernya bukannya "selalu ada" krn pada dasarnya tiap orang butuh waktu buat dirinya sendiri. Tanpa siapapun. Jadi ungkapan "selalu ada" itu ga se"selalu ada" itu juga. Ada saatnya dimana sahabat kita itu pergi, dan dia pasti akan kembali lagi pada waktunya.
Sebenernya banyaaaak bgt jawaban2 dari orang2. Tapi rata2 intinya sama: sahabat itu selalu ada dan selalu bisa ngertiin kita.
Skrg gini deh, kita blg sahabat yg ideal itu kayak gitu. Apakah kita udah kayak gitu? Berkaca kepada diri sendiri dulu laah. Nobody's perfect, rite? Begitupula sahabat. Dengan nerima kekurangannya aja udah cukup untuk menjadi modal awal lo membuka diri untuk bersahabat dengan orang tsb.
Itu menurut gue.
Sebenarnya, Sahabat itu relatif loh. Tergantung bagaimana per-individu menyikapinya. Sama kayak cinta. Sampe saat ini banyak pendapat tentang cinta yg dikemukakan banyak orang. Tapi tiap orang pasti berbeda2 pendapatnya. Begitu pula dengan sahabat...relatif.

Kenapa gue sebut relatif?
Sekarang gini, contohnya:
Si A itu selalu ada buat si B,begitu pula sebaliknya. Buat si B, si A itu sahabatnya dia. Apakah si A juga menganggap si B demikian? Belum tentu.
Seseorang yg kita anggap sahabat yg ideal untuk kita, belum tentu menganggap kita sahabatnya juga. Begitu juga sebaliknya. Seseorang yg menganggap kita sahabatnya, belum tentu kan kita juga menganggapnya sahabat?
Krn menurut gue juga sahabat itu ga bisa diungkapin dengan kata2. Bukan dengan perkataan, tapi dengan sebuah perbuatan yg real.
Sahabat itu bukan cuma yg pada awalnya adalah teman kita. Orangtua kita, saudara kita, juga dapat menjadi sahabat yg baik untuk kita.

"Sahabat itu kita pilih pake hati kecil kita.‎​Kita gak bisa milih sahabat kita cuma karna dia suka nolongin kita, bisa jadi tempatnya kita curhat, org ngebelain kita waktu kita punya masalah doang. Sahabat itu gak usah dicari, dia yg bakal dateng untuk kita,tapi bukan berarti "calon" sahabat kita itu yg mupeng ke kita.‎​Sahabat itu bakal dateng ketika dia ngerasa kalo kita lagi butuh" - Rachdiaz Judha

"Bisa disebut shbt: dia pny sisi negatif yg bisa gue trima walaupun di org lain pny sifat negatif yg sama tp gabisa gue trima. ‎​Ngerasa kehilangan sedikit apapun dia jauh dari gue. friends yg bkn bestf biasa aja gada rasa yg gmn gt dan kalo cerita cmn bisa blg kebyk "sabar ya". ‎​Brother: I love him. ngeselin jutek dkk gue trima sifatnya dia yg tengil songong ok aja. Dan siap setiap saat haha dianya jg gt nggp gue sebagai adek ga cmn di waktu tertentu,that's way" - Nama Disamarkan :p

"Friendship sama relationship itu sama aja.. Soalnya pacar itu awalnya pasti sahabat..kalo pacar yg bnr itu pacar yg kaya sahabat.. Jadi ya pacar itu sahabat yg lain jenis yang satu tingkat sama sahabat..jadi kalo menurut lo sahabat itu lebih penting dari pacar mungkin aja..Tergantung tingkat kedekatan aja..deketan sama pacar atau sama sahabat.. Bisa jadi juga lebih pentingan pacar.." - Gita Putri

Itu 3 jawaban yg paling (y) menurut gue. Ya itu sih pendapat gueee..

Ya intinya, Sahabat itu Relatif. Tergantung bagaimana anda anda sekalian mengartikannya. Karena tiap orang punya pendapat yang berbeda-beda kan?
Kalau anda merasa sudah punya sosok Sahabat yg ideal, jagalah baik2.
Karena, Sahabat itu seperti barang langka. Sesuatu yang suliiit sekali dicari, biaya perawatan mahal, susah menjaganya. Namun ada sebuah penghargaan tersendiri apabila berhasil menjaganya dengan baik.

Demikian, semoga bermanfaat.

Regards, Dsr:)

No comments:

Post a Comment